Friday, April 10, 2009

Saya dan pemilu

Pemilu oh pemilu

Jujur, SEKARANG gue bukanlah warga negara yang antusias dengan per-pemilu-an ini. Atmosfir demokrasi juga udah nggak gue hirup sama sekali. Kenangan gue melanglang buana ke beberapa tahun yang lalu dimana gue masih berwujud bocah ingusan yang ga ngerti apa-apa tapi semangat banget nongkrong di TPS sama mbak gue *'mbak' disini maksudnya pengasuh atau pembantu rumah tangga*. Well, mbak gue yang satu ini adalah seorang mbak yang sangat oke. Waktu dia udah selesai masak dan anter jemput gue ke pusat aktivitas gue, dia akan baca koran atau nonton berita. Uyeah, dia ngerti politik.

Di masa kecil gue, partai itu cuma ada tiga kayak lampu lalu lintas. Merah. Kuning. Hijau. Gue ga ngerti apa-apa waktu itu, dan gue juga ga pernah nyadar bahwa selama beberapa kuartil masa kecil gue, kuning selalu menang. Di masa itu gue ga peduli siapa yang menang. Siapapun yang namanya dibacain sama panitia penghitungan suara akan gue tepukin. akan gue teriakin dengan semangat. teriakan gue cuma berhenti waktu mbak gue menyumpal mulut gue dengan sesendok nasi.

Sekarang gue bener-bener mikir, kenapa ya dulu gue segitu semangatnya?
Gue punya beberapa spekulasi untuk itu. Spekulasi gue yang paling kuat adalah: karena SEMUA orang disekeliling gue semangat. Meskipun iklan partai jaman dulu katro banget dan isinya cuma lambang partai gerak gerak tanpa ada modelnya, iklan itu bener-bener ngasih hawa ke gue bahwa pemilu, momen yang sangat penting untuk sebuah bangsa akan tiba.

Lalu yang terjadi kemarin: gue bener-bener males nyontreng.
Meskipun pada akhirnya gue singgahi juga tu TPS gue seorang diri *berhubung di rumah gue yang dapet undangan cuma gue doang* dan apa yang terjadi di TPS itu? gue ketemu temen les gue waktu SMP (TLGWSMP).

(TLGWSMP): EHHHH... LO AYU KAAANNN??
The A : eh.. iya. dimana lo sekarang?

*percakapan berlanjut sampai akhirnya...*

(TLGWSMP): udah nentuin pilihan belum mau pilih siapa?
The A : hmm.. gue pilih partainya ajalah ya,, ga kenal deh gue sama mas-mas di kertas suara yang segede koran itu.
(TLGWSMP): NAAHH kalo gitu contreng bokap gue aja! partai nomer ** nomer urut *
the A: oh.. iya2. hehee

Percakapan itu membuat gue berfikir: Mengapa semua orang jadi caleg? Orang disekelilling gue BANYAK BANGET yang jadi caleg. Mulai dari dosen aspek hukum dalam ekonomi gue, saudara jauh gue, sampe tukang jahit langganan tante gue. Semuanya jadi caleg.

Yang jadi masalah, gimana cara milihnya?
Dicontreng.
Ini juga gue tau.
Tapi gimana caranya biar kita tahu siapa yang pantes dicontreng?
kalo gue nonton acara idol-idolan, dengan sangat gampangnya gue bisa tau mana yang terbaik. Mereka tinggal nyanyi, terus gue tinggal ngasih vote gue ke finalis dengan suara paling bagus.

Naahh.. kalo milih caleg?
Beberapa orang mungkin mikir: "yaudah sih, repot banget sih lo gitu aja dipikirin"
Tapi kan kita bertanggung jawab sama suara yang kita kasih. Walaupun cuma satu.

Yahh.. Sekarang gue KITA cuma bisa doain aja kan?
Semoga yang terpilih bener-bener bisa memerintah dengan bijak dan ngelindungin apa yang harus dilindungin.
Celupkan jarimu ke tinta dan nikmati berbagai promo di berbagai tempat hip ibukota.

Cheers.
The A

*jarang-jarang nih ada postingan kayak gini di thinkpokari. hihihihiiii*

2 comments:

Hilman Maulana said...

kalo bingung milih caleg, jangan pilih yang posternya paling gede, secara bikin poster yang gede itu kan mahal, siapa tau dia ngutang ke percetakan, terus nanti kalo kepilih.. dia korupsi buat bayar posternya tuh. hehe..

Delilah said...

Aaaah akar! bangga banget gw punya temen kayak elo, hahaha

Tapi emang betul, semangat pemilu udah gak ada lagi. Keluarga gw aja pada 'ngerusak' kartu suara. Apa musti dipimpin sama presiden otoriter dulu baru semangat? Hmm..

Btw, tukang apotek depan perumahan gw juga jadi caleg. Sedeng pisan dah