Tuesday, July 21, 2009

Babi dan Buku Bekas

HELO, apa kabar semuanya? Sudah berapa lama kami tidak menampakkan batang hidung di spasi ini? Padahal si A lagi libur, kenapa dia nggak posting aja ya? Ayo timpukin es batu bareng-bareng.

Hari ini semua kegiatan berjalan seperti biasa karena rutinitas kuliah udah mulai lagi. Ada senang dan sedihnya sebenernya. Alesan pertama yang paling masuk akal untuk sedih adalah: MUSIM DINGIN a.k.a WINTER. Dengan ruam udara di bawah temperatur sepuluh derajat siapa juga yang mau rajin-rajin berdiri di halte bus dengan angin bahorok yang keringnya ngujubile (sumpah anginnya kenceng banget, udah berapa kali tuh gue gak sisiran karena akhirnya berantakan juga), dan itu juga berarti baju harus dobel kutang triple chocolate.

Matahari yang telat munculnya juga bikin semua jadwal bangun tidur gue berantakan. Solat subuh jam tujuh pagi dan tidur lagi sampe jam 9 (kebo abis).

Pagi ini gue ada janji sama orang yang mau jual buku secondhand (ya, saya mahasiswa miskin) jam 11 siang. Jadilah gue bangun agak pagian mengingat rumah gue SANGAT JAUH dari sekolah (nangis) dan bus lewat sejam sekali (yang mana sangat lama). Malam sebelumnya pas ngeliat iklannya di Marketplace (tempat jual barang bekas di kampus gue), iseng-iseng gue cari orangnya di Facebook, eh beneran ada, dan yang gue kaget ternyata pas ketemu aslinya… kok gantengan aslinya yah HAHAHAHA. Mana dia langsung samber dari belakang manggil nama gue, untung nggak salah orang lu hahaha.

Sebelumnya gue sms dia:
“Hi Johan, I’m already at the Campus Centre. Standing close to the CC Directory and holding a very big yellow handbag and a newspaper. Am standing in front of the rubbish bin, a recycled one. - Poppy”

Komentar temen gue: “detail amat, Pop…”

Komentar tong sampah: “hore saya beken.”

Anda sekalian harus tau, itu hari pertama masuk kuliah, semua manusia dari berbagai penjuru lalu lalang cari makan siang di tempat gue ketemuan. Sungguh pemilihan tempat yang kurang strategis. Untung nggak jadi gue tambahin, “saya adalah gadis dengan kacamata ungu yang agak besar dan rambut seperti jamur dengan warna hitam terbakar matahari.” Besoknya gue muncul di koran kolom kontak jodoh.

Minggu ini, temen-temen gue pada berpulang dari Indonesia (apa dah bahasanya), salah satu temen gue, Keely, ngasih gue suvenir (wawawawawawaww berasa turis) berupa alarm clock LED yang bisa berubah warna lampu, gue nggak bisa deskripsiin, maka marilah gambar yang berbicara.



Lampu babi (LB): "AH ADA KAMERA! SAYA MALU!"
Kameramen (K): "..."


K: "Ayo dong sini keluar..."
LB: "NGGAK MAU AH MALU"


LB: "saya adalah penguasa meja."
K: "eeeeeeeek *kejepit leptop*"


LB: "SAYA AKAN MENGUASAI DUNIA"


kalo malem jadi serem

Anda tidak salah lihat, bentuknya babi.

Lalu hari ini gue pulang dengan badan letih menenteng seperangkat resistor untuk praktikum Electrical System minggu depan. Kedengarannya menyeramkan, dan kalo lo liat laboratoriumnya… ternyata jauh lebih menyeramkan. Dan sialnya mulai minggu depan gue akan menghabiskan masa-masa praktikum gue setiap jam 4 SORE sampe 6 MALEM (fyi, winter gelap jam setengah lima) bisa digondol setan kalo telat nangkep bus. Mamang.

Sebenernya kerjaan gue liburan tuh nyariin buku bekas, sedih banget pokoknya. Mana pake nyasar. Bermodal Google earth dan omongan mulut ke mulut, gue berhasil ngumpulin sekitar tujuh tempat sakral berisi buku cetak terjangkau untuk mahasiswa internasional (miskin) seperti saya.

Tempat pertama, gue datengin duluan karena letaknya di tengah city. Tempatnya enak sih, banyak bukunya. Tapi pas gue tanya ke mbak-mbaknya ternyata BUKUNYA ABIS. Laku banget deh lo, buku. Akhirnya dalam keputusasaan gue berjalan di antara rak buku mencoba nyari-nyari kalo aja buku inceran gue itu masih ada, dan gue berakhir dengan mengobrol dengan insinyur bule dari Brisbane, yang ternyata bisa bahasa Indonesia. Saya kagum. Sayang sekali perut lapar dan kami tidak sempat mengobrol banyak.

Tempat kedua, letaknya kira-kira dua puluh kilo dari city, di Glenthuntly (bener gak duapuluh kilo?) gue liat petanya sih jalannya lurus aja. Dan nomer rumahnya antara 1000-an kalo gue nggak salah. Dan gue melihat nomer jalan tempat gue berdiri, nomer 211. Yak, 800 nomer rumah lagi mesti gue lewatin dengan BERJALAN KAKI. Jauh banget dah sumpah gue jalan, sampe ada tiga peradaban gue lewatin. Dari jalan sepi, rame, sepi lagi, rame lagi, sepi lagi, rame lagi. Capek gue. Tiba-tiba gue mendengar suara membahagiakan saat gue sampe di rumah nomer 900-an.

Gue nengok ke belakang, dan menemukan tram nyelosor gitu aja ngelewatin trotoar tempat gue berjalan dengan jempol kaki mau meledak. KENAPA DARI TADI GUE NGGAK NAIK TRAM AJA?! Tanggung pula ini udah mau nyampe.

Monyet.

Ditambah lagi, setelah gue nyampe tempatnya, mereka udah mau tutup gitu. Yaoloh cupu banget sih ini semua toko tutup jam 5 SIANG (kesel). Begitu gue masuk ke pintu kecil yang kanan kirinya menggunung kardus buku yang kertasnya udah pada kuning dan berbau tanah… gue takut, mana tempatnya remang-remang… ntar gue nemu potongan tubuh manusia nih lama-lama.

Di antara gunungan buku bekas itu, ternyata ada meja resepsionis di sebelah kanan rak tinggi lapuk pertama. Ada telepon model kuno dan orang rada gendut lagi sibuk muter-muter nomer telfon terus ngobrol sesudahnya. Gue ngelewatin meja resepsionis dengan harapan mudah-mudahan gue nggak tiba-tiba ditarik terus dimutilasi (serem banget ngayalnya), ngelewatin meja resepsionis, gue ngeliat beberapa rak buku yang ngebentuk tiga jalur. Di tiap bagian ada tulisannya, “History”, “Literature”, sama “Fiction”.

Terus gue baru ngerti kalo ini toko tempat buku bekas tapi bukan ngejual textbook sekonhand. Hahaha, cabut lah gue dari situ, nyari tram ke stasiun kereta terdekat. Mana suhu delapan derajat aja itu sore. Sampe rumah gue langsung tepar.

Tempat ketiga, gue nyari di komplek Melbourne University menurut referensi kenalan yang bilang kalo sepanjang Elgin Street sama Grattan Street berjamur tempat secondhand bookshop. Maka dengan uap panas menggebu yang keluar dari idung melawan angin dingin siang itu gue menyusuri trotoar dengan hati riang gembira dan budget pas-pasan. Tapi kok yang gue liat malah kebanyakan apartemen buat student yeh. Tapi akhirnya nemu toko buku bekas empat biji, yang ternyata empat-empatnya nggak ngejual buku yang gue incer.

Lalu saya memutuskan, perburuan cukup sampai di sini. Saya pun memutuskan untuk berburu di dunia maya, dan ternyata langsung ketemu. Aduh.

Terima kasih untuk Mister Johan yang berbaik hati menjual bukunya dengan harga setengah lebih murah untuk kondisi 87%. Wuow.

The P

No comments: