Monday, July 7, 2008

crazy little thing called 'mame'

wuahh!! sudah sangat lama gw ga ngepost!

pernah ga si lo ngerasa hidup lo terlalu dikendalikan sama pikiran lo?
gw pernah. sangat pernah.
makanya gw agak terhenyak waktu gw nonton acara talkshow pagi dan mereka ngomongin sesuatu bernama 'MAME' (baca: mem). Mame itu adalah saripati terkecil yang ada dipikiran lo..
ilustrasinya gini (ayo anak IPA): di dalam kromosom itu kan ada DNA, hal yang sangat kecil yang ngatur semua hal dibadan lo, nah, mame juga kayak gitu.. dia bagian terkecil dari pikiran lo yang ngatur semua pikiran lo.

mame itu kayak kantong. dia masukin dan nyimpen semua informasi yang lo terima, dan secara sadar atau nggak, lo akan merespon informasi yang disimpen dalam kantong2 pikiran lo itu. sebenarnya, mame itu nggak memihak, alis netral.. tapi keberadaannya tu dipengaruhin banget sama daya pikir lama bawah sadar lo..
mame itu punya andil besar dalam setiap tindakan dan keputusan yang lo buat. karena kadang2 mame itu mendikte lo, dan semakin lo menyangkal, maka semakin lo akan dipengaruhin sama mame..

karena sifatnya yang kuat dan mendasar, mame (yang dikombinasiin sama pikiran bawah) bisa membuat hal yang secara logis tidak mungin jadi mungkin. misalnya (tanpa bermaksud menyinggung siapapun loh..) orang yang menyukai sesama jenis, orang yang nyakitin anaknya sendiri...

ada beberapa orang yang selalu khawatir, curiga dan punya pikiran "wah, jangan2 orang-orang ngomongin gw dari belakang" dan jadi bersikap menutup diri dan hidup dalam kecurigaannya itu.. ini juga karena mame!

di acara itu dibilangin, untuk meminimalisasi dampak negatif mame dalam kehidupan lo, lo harus ngomong sama mame lo sendiri.. caranya?? meditasi. Meditasi disini bukannya lo pergi ke air terjun pake baju putih2 terus duduk di batu gede sambil bersila, tapi saat lo sendiri, dengerin apa yang lo pikirkan *kadang-kadang kalo lo lagi sendirian lo suka mikir atau ngebayangin sesuatu kan?*
maksud 'dengerin' di sini adalah awasin apa yang lo bayangin. Caranya? tulis apa yang lo bayangin secara lengkap dan detail. setelah lo dengerin pikiran lo itu, cuci muka, terus baca apa yang lo tulis dan kasih komentar sama bayangan lo itu.

*menurut talkshow itu* hal ini berguna banget buat untuk membuat pikiran lo concious. hal ini juga berguna buat melogiskan bayangan-bayangan lo..

nah, buat kamyu-kamyu yang suka curiga atau suka takut sama kejadian yang belum terjadi a.k.a suka terjebak dalam pikiran lo sendiri, sok atuh.. silahkan dicoba.

P.S: huaaaa... tengkyu berat buat the P. makasi juga buat orang2 yang mengirimi gw doa dan mengucapkan selamat ulang tahun buat gw.. Love Youuuu!!

the A

3 comments:

Bani Biasa said...

Ohh gue pernah tapi jarang. Suka berpikir nggak logis gitu kan?

Benazio R.P said...

hoo kaya self concious ato apalah namanya itu gw lupa hoho ..

btw love you too daah hiahahahah *bcanda .dtunggu di binus.

fragaria said...

wah... informasi baru nih, makasih ya udah posting ini!