Sunday, May 11, 2008

Interview With the Jildut

INTERVIEW WITH THE JILDUT

Jildut itu salah seorang teman saya, yang kalo masuk ke conversation room pas MSN-an, orang-orang pasti nanya: “EH, THE JILDUT TUH SIAPA SIH??”

Sehabis itu, dia pasti dengan kesal menjawab:

Ini SAYA
Ini SAYA
Ini SAYA

(SAYA-nya ganti nama orang dong ah…)

Asal tau saja, supaya tidak terjadi kesalahpahaman, JILDUT itu singkatannya tak lain dan tak bukan adalah:

JILBAB DANGDUT

Anak muda yang sangat langka di jaman sekarang. Karena menurutnya, musik dangdut adalah musik asli asal Indonesia yang harus dijunjung tinggi nilai budayanya. Pertamanya saya mengernyitkan hidung mendengar pernyataan ini. Hal pertama yang tergores di benak saya adalah, “kok??”

Setelah melakukan wawancara, saya sadar bahwa selama ini saya terlalu narrow-minded dan selalu memandang sesuatu dari luarnya saja.

Halo-halo Bandung, Jildut! Apa kabar semuaa? Tetep asyiikkk, hahahh
*memandang saya keheranan, dan hendak mengambil kantong muntah ketika saya berkata..*

Eh, eh.. ntar dulu ah, gue kan udah bikin appointment di Comment Friendster lo kalo gue pengen wawancara *mengangkat alis terus-terusan*
Yaudah, lanjut lahh, mo nanya apaan emang?

yiiihh, ni orang… kan gw udah taro di Comment FS lo pertanyaannya, maksudnya biar lo mikir dulu jawabannya.
Oh, iya ya? Lupa gw, yang mana sih? Hehee.

...
jadi nanya gak?

Oke, jadi ini pertanyaannya, apa yang sebenarnya membuat musik dangdut menjadi terlihat norak? Di jaman sekarang?
Hah? Ya ‘kan itu semacam ameliorasi-peyorasi, Bos.. ya ‘kan ya? Nah, ini lagi peyorasi ceritanya. Yang dengerin dangdut sekarang siapa coba? Abang-abang kan? Dan semacamnya… emang mereka bisa dengerin yang aneh-aneh semacam jamannya Elvi Sukaesih, Meggy Z, Erie Susan, kan nggak? Mereka dengerin yang gampang-gampang aja…

*tiba-tiba teman di sebelah kami menimpali, “lagian sekarang yang cepet terkenal tuh artis dangdut daripada pop, ya nggak?”*

Iya, lagian sekarang abang-abang tuh dengerinnya yang enteng-enteng aja kayak, apa tuh yang sering gue nyanyiin? Oh, BBM (Bisik-bisik Mesra, yay..)

Hahahaa…
Kenapa jadi norak? Kenapa ya? Yang nyanyi—sekarang udah gak ada yang mau jadi penyanyi dangdut yang sebenarnya. Karena yang saya lihat sekarang ini adalah penyanyi dangdut yang asal bisa goyang, badan bagus tapi, suaranya… gak bagus-bagus amat. Hahaaa, ya gitu.. seleranya abang-abang.. bisa goyang, hahahh

Oh, betul juga.. hmm, kalo artis jaman dulu menurut lo gimana?
Ya lebih berkelas lahh, macemnya… Meggy Z, Erie Susan, err.. Cici Paramida, Evi Tamala, Elvi Sukaesih, Kamelia Malik, Denny Malik… nah, mulai jadi norak itu pas jaman-jamannya artis pop yang sok nyanyi dangdut semacam, duh.. siapa tuh, engg.. Ayu Azhari, Thomas Jorgi…

Yay… *garuk-garuk tangan*, hmm.. tapi menurut lo Inul itu gimana?
Kalo Inul, menurut gue kan sebenarnya dia gak bagus-bagus amat yahh, dia mah modal goyang, Bos (saya tidak tahu kenapa dia senang sekali memanggil saya “Bos”)

Oh..
Tapi sebenarnya dia mau berusaha, Bos… untuk jadi eksis di dunia perdangdutan

Oke… oke… Hmm, enaknya nanya apa lagi ya?
Lah mana gua tau?? (yee, dijawab ama dia lagi…)

Yah, baiklah, segitu aja. Terima kasih, Jildut
Hahaa.. ayo goyang.. (wetss)

Sebenarnya saya juga merasa kalau dangdut jaman sekarang sangatlah aneh… tidak seperti jaman-jaman saya ketika masih berumur 6 tahun gitu.. yah, saya tidak terlalu mengikuti perkembangan jenis musik ini sih.. jadi gak begitu tau.

Anyway, tunggu interview kami dengan orang dan topic yang berbeda dalam waktu dekat. Jika ada usul tentang topik, tulis saja keinginan anda di Comment yaa.. hahaa

The P of The Pokari

No comments: